Senin, 03 Oktober 2016

Etika Bisnis

Hakekat Etika Bisnis

Seseorang melakukan bisnis hakekatnya bukanlah mencari keuntungan sebesar-besarnya tetapi untuk memenuhi kebutuhan manusia ( produk atau jasa ) yang bermanfaat bagi masarakat. Dengan berjalannya waktu sering kali pembisnis dihadapkan pada proses pengidentifikasian potensi bisnis yang akan datang,kemudian dihadapkan juga dengan pesaing yang menjual kebutuhan sejenis. Disinilah pembisnis harus berfikir menggunakan sumber daya yang ada dapat digunakan sebaik-baiknya.
Etika Bisnis perusahaan memiliki peran yang sangat penting,yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi. Untuk itu diperlukan suatu landasan yang kokoh dimulai dari perencanaan strategis,organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang handal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.

 ( Pengantar Etika Bisnis  By Prof.Dr.Kees Bertens,MSC. )


Definisi Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk tentang hak dan kewajiban moral ( Akhlak ) 

Definisi Bisnis menurut Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan  konsumen.

Etiket moral sistem nilai tentang bagaimana manusia harus hidup lebih baik sebagai manusia yang telah di situasikan dalam sebuah adat dan kebiasaan yang kemudian terwujud dalam pola perilaku yang terulang.


Etiket Hukum adalah norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karena dianggap perlu demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam bermasyarakat.

Etiket Agama mendukung keberadaan agamadimana etika sanggup membantu manusia menggunakan akal dan fikiran untuk memecahkan masalah.


Klasifikasi Etika

A. Etika Teologi
dari kata Yunani,  telos = tujuan, 

  Mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu.

Egiosme Etis bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukannya sendiri.

Utilitarianisme

menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat harus menyangkut bukan satu atau dua orang saja melainkan masyarakat sebagian keseluruhan.

B. Deontologi

yang berasal dari kata Yunani " deon " yang erarti kewajiban.
pendekatan deontologi sudah diterima dalam konteks agama.


C. Teori Hak

pendekatan yang paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku.

D. Teori Keutamaan

watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan untuk bertingkah laku baik secara moral.

Konsepsi Etika

keberadaan kehidupan bermasyarakat nilai-nilai yang dianggap dapat menjadikan orang berperilaku benar merupakan sebuah kebutuhan. secara teoritis ada yang termasuk norma umum dan norma khusus, salah satu norma umum yang berlaku dalam masyarakat adalah norma moral yaitu mengenai aturan dan sikap perilaku dan tindakan manusia yang sebagai berkehidupan bermasyarakat.
Norma moral, atau yang sering disebut moralitas dapat didifinisikan sebagai standart yang dimiliki seseorang atau individu atau kelompok tentang yang benar dan yang salah dan yang baik dan yag jahat ( Satyanugraha,2003 )

Sumber :
Jurnal ekonomi dan bisnis oktober 2008 volume 3 no 2

 ( Buku Pengantar Etika Bisnis  By Prof.Dr.Kees Bertens,MSC. )

http://ashur.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0

http://lidya-charming.blogspot.co.id/2010/09/konsep-etika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar