Minggu, 15 November 2015

Perilaku Konsumen " Proses Pembelian "

Konsep AIDA 
AIDA adalah singkatan sederhanan yang telah dibuat lama sebagai pengingat dari empat tahapan proses penjualan ( Strong , 1925 ) . AIDA singkatan dari Attention , Interest , Desaire , Action. ini merupakan model yang cukup sederhana dan dapat digunakan sebagai pedoman.

Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. setelah menentukan layak sasaran dengan presepsinya, pemasaran harus memutuskan respon yang terjadi. Respon tersebut dapat berupa cognitive ( tahapan kesadaran ) , affective ( tahap pengaruh ) , behavioral / conative ( tahap tindakan pembelian ).


Teori AIDA ( Tjetjep Djatnika,2007 ) yang endalilkan bahwa pengambiln keputsan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh konsumen atau pembeli , prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention ) terhadap barang dan jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ketertarikan ( Interest ) untuk mengetahui leih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tesebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berminat ( Desire ) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannnya. Jika minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau persuasif dari luar maka konsumen akan mengambil keputusan membeli ( Action to Buy) barang atau jasa ditawarkan.


1. Tahap menaruh perhatian ( Attention ) adalah tahapan dimana kita harus bisa membuat para konsumen sadar akan keberadaan produk kita. Baik promosi menggunakan iklan , radio , atau jaringan personal lainnya.

2. Tahap Ketertarikan ( Interest ) setelah berhasil meraih perhatian konsumen harus melakukan follow up yang baik . Yaitu tahapan lebih dalam memberikan informasi produk , membujuk dan mampu memberikan mengapa konsumen harus membeli produk yang di tawarkan.

3.  Tahap Berniat ( Desaire ) adalah tahapan memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak si konsumen diaman agar timbul keinginan untuk membeli produk kita.

4. Tahap Memutuskan ( Action ) tahapan dimana si konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli produk kita sekarang.

5. Tahap Statification yaitu tahapan akhir dimana konsumen merasa puas dengan produk kit dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk kita lagi.


Sumber :

http://firliqoni.blogspot.co.id/2013/10/proses-pembelian_28.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar